Atasi Kram Menstruasi dengan 4 Teknik Pijat Sederhana Ini

Menstruasi adalah proses alami yang dialami setiap perempuan pada usia pubertas. Setiap bulan, rahim akan melepaskan lapisan dinding rahim yang telah disiapkan untuk kemungkinan kehamilan, meskipun kondisi tersebut tidak terjadi.

 

Proses ini dikenal dengan istilah haid atau datang bulan. Nah, tidak bisa dimungkiri bahwa menstruasi sering diiringi berbagai keluhan fisik, seperti nyeri dan kram perut.

 

Sensasi perih, melilit, dan menegang di perut bagian bawah ini bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan mood. Oleh karena itu, perlu ada satu cara melancarkan haid, agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

 

Nah, jangan khawatir lagi! Ada cara alami untuk meredakan kram menstruasi, yaitu dengan pijat. Teknik ini tak hanya efektif, tapi juga mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Nah, berikut 5 teknik pijat sederhana untuk mengatasi kram menstruasi:

1.   Pijat Perut Bagian Bawah

Pijat merupakan salah satu metode atau cara melancarkan haid ketika terjadi kram menstruasi. Bagian paling vital terletak pada perut bagian bawah sehingg pijatan pada area tersebut sangat efektif untuk mengatasi kram menstruasi.

 

Area ini memang sering menjadi sasaran utama rasa nyeri pada saat haid. Dengan pijatan, diharapkan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rahim sehingga kram dan nyeri dapat berkurang.

 

Pertama, siapkan baby oil agar gerakan tangan lebih halus saat memijat. Minyak akan membantu tangan licin bergerak di permukaan kulit. Kemudian, letakkan telapak tangan di daerah perut bagian bawah. Lakukan pijatan mengelilingi area perut dengan gerakan memutar searah jarum jam.

 

Pijat area tersebut selama kurang lebih 5-10 menit hingga minyak pijatan meresap ke kulit. Jika terasa ada area yang lebih nyeri, tekan lembut daerah tersebut sambil memijat memutar.

 

Tekanan jari akan membantu melepas ketegangan otot akibat kram. Lakukan pijatan sampai seluruh area perut bagian bawah terasa lebih rileks. Jangan lupa hirup napas dalam dan buang perlahan agar Anda rileks selama berpijat.

2.   Pijat Punggung Bawah

Cara melancarkan haid saat mengalami kram selanjutnya adalah melalui pijat area punggung bawah. Pijat punggung bawah dapat mengurangi ketegangan otot yang dapat menyebabkan nyeri punggung. Gunakan jari-jari tangan untuk memijat dengan tekanan ringan selama 20 menit menggunakan minyak esensial.

3.   Pijat Kaki

Pijat kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ-organ vital. Pijat telapak kaki dengan gerakan memutar sambil menekan titik refleksi rahim. Teknik pijat di telapak kaki ini akan membantu meringankan kram di kaki dan perut.

4.   Pijat Panggul

Nah, tahukah Anda jika pijatan panggul efektif mengurangi kram menstruasi. Gunakan ibu jari memijat daerah pinggul dengan gerakan memutar dan menjepit selama 5-10 menit. Tekan lembut disertai dengan mengambil napas panjang, agar otot rileks. Pijat pinggul dapat mengurangi ketegangan otot sekitar rahim sehingga kram menjadi berkurang. Lakukan perlahan dengan minyak pijat agar rileks dan nikmati manfaatnya.

 

Nah, itulah 4 teknik pijat yang dapat dilakukan saat terjadi kram menstruasi. Pijat merupakan teknik yang secara efektif dapat dilakukan untuk meredakan kram menstruasi. Selain itu, teknik ini juga mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja.

 

Jadi, cobalah teknik-teknik di atas saat kram menstruasi menyerang dan rasakan manfaatnya. Ingatlah, jika kram menstruasi sangat parah, berlangsung lama, maupun disertai dengan gejala lain seperti demam, pusing, atau mual, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Semoga membantu!

 

Referensi:

  • https://www.charmgirlstalk.com/artikel/681/cara-melakukan-pijatan-untuk-nyeri-haid
  • https://id.theasianparent.com/titik-refleksi-kaki
  • https://diskes.jabarprov.go.id/informasipublik/detail_artikel/cUxDVEJXb2VLV05CWlRkaXU2c2gzZz09
  • https://www.halodoc.com/artikel/6-penyebab-dan-cara-mengatasi-nyeri-punggung-saat-menstruasi
  • https://repphysio.ca/massage/massage-therapy-for-your-period-cramps/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *